Yuk Intip 5 Kegiatan Penting Dalam Proses Penyimpanan Stok Di Jasa Fulfillment

Yuk Intip 5 Kegiatan Penting Dalam Proses Penyimpanan Stok Di Jasa Fulfillment

Warehouse yang dimiliki oleh jasa fulfillment menjadi bangunan penting yang menunjang kelancaran proses penyimpanan produk yang dimiliki oleh klien. Setiap tahapan yang ada di sana dilakukan dengan hati hati agar tidak ada kesalahan. Lantas tahukah anda apa saja kegiatan penting yang terdapat di dalam warehouse jasa fulfillment Medan? Berikut ulasannya!

Tahapan Penting Dalam Proses Penyimpanan Stok

1. Memastikan Bangunan Layak

Setiap jasa fulfillment Indonesia harus memastikan bahwa gudang yang mereka gunakan memiliki kondisi yang layak dan aman untuk menyimpan barang. Untuk mencapai hal tersebut, gudang selalu dibersihkan. Bahkan di ruangan ruangan khusus terlebih yang untuk makanan, pihak fulfillment juga akan memastikan bahwa suhunya optimal sehingga barang tidak mudah rusak.

Selain dari debu dan perkara suhu, gudang yang layak juga harus terbebas dari hama. Adapun jenis jenis hama yang dimaksud adalah tikus, kecoa, dan semut. Keberadaan mereka lah yang paling mengganggu kelancaran proses penyimpanan. Tidak heran jika kemudian setiap gudang dilengkapi dengan gadget yang dapat menghalau kedatangan mereka.

2. Mempersiapkan Inbound

Saat barang pertama kali datang, jasa fulfillment service Medan akan melakukan rangkaian proses yang disebut dengan inbound. Di dalam tahapan tersebut, mereka akan berfokus pada proses yang berkaitan dengan transportasi, penyimpanan produk, dan penerimaan di gudang. Hal ini penting, agar barang yang tersimpan di dana memiliki riwayat yang lengkap dan dapat disimpan dengan baik.

Adapun beberapa hal yang masuk dalam tahapan inbound fulfillment Medan adalah memeriksa jenis barang, mendata waktu penerimaan barang, memilih lokasi peletakan, dan menyesuaikannya dengan tujuan barang disimpan. Data berupa jenis barang ini penting untuk menilai bagaimana kondisi lingkungan yang cocok untuk menyimpannya.

Sedangkan aspek pencatatan waktu dilakukan sebagai data pendukung yang nantinya sangat dibutuhkan saat management stok. Selain itu, yang dimaksud dengan memperhatikan lokasi penyimpanan adalah meletakkan barang sesuai dengan jenis warehouse yang dipilih oleh klien, apakah mereka memilih warehouse sharing atau warehouse delicating.

Sedangkan proses menyesuaikan barang sesuai dengan tujuan dilakukan agar operator gudang lebih mudah saat mengatur letak dan pergerakan barang. Hal ini dilakukan karena setiap klien memiliki tujuan yang berbeda beda saat menggunakan jasa warehouse dan fulfillment service Surabaya. Ada diantara mereka yang mengambil sewa gudang hanya untuk cross docking.

3. Memberikan Kode Di Setiap Barang

Untuk meminimalisir kesalahan dan memudahkan proses manajemen stock. Setiap jasa fulfillment selalu memberikan kode kepada setiap barang yang masuk. Jenis kode yang kerap dipilih adalah barcode. Jika di scan, maka staf atau operator gudang akan langsung tahu produk dari siapakah itu. Alhasil, proses penyiapan barang di jasa fulfillment Medan menjad lebih mudah.

Barcode ini juga mencegah adanya barang yang tertukar. Ada kalanya di dalam warehouse sharing, ada lebih dari satu klien yang menjual produk dengan bentuk yang mirip. Agar tidak salah ambil, maka setiap staf akan men scan barcode tersebut. Setelah diambil dari tempat penyimpanan, keberadaan barang juga menjadi lebih mudah untuk dilacak.

4. Memisahkan Stock Baru dan Stock Lama

Hal penting dalam management stick yang selanjutnya adalah selalu memisahkan stok baru dan yang lama. Hal ini penting agar setiap barang bisa dikirimkan sesuai dengan urutan kedatangannya. Dengan begitu, tidak akan ada produk basi atau expire yang menumpuk. Tentu jika hal ini sampai terjadi, maka kerugian yang dialami klein cukup besar.

Hal semacam ini jauh harus diperhatikan, terlebih untuk jenis jenis produk berupa makanan. Pada umumnya, produk ini memiliki masa kadaluarsa yang singkat sehingga tidak bisa disimpan terlalu lama. oleh karena itu, pihak fulfillment harus memastikan bahwa stock yang masuk ke dalam gudang mereka tetap balance dengan pesanan.

Terkait dengan hal ini, pihak fulfillment akan memberikan data stock yang ada di gudang kepada klien selaku produsen. Dengan begitu, klien jasa fulfillment Medan bisa menyesuaikan kapasitas produksi agar tidak terlalu menumpuk. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memilih jasa pergudangan yang mampu memberikan data yang lengkap dan real time.

5. Mempersiapkan Outbound

Dalam sebuah gudang, ada yang disebut dengan proses outbound. Proses ini mencakup berbagai langkah yang dilakukan untuk mengeluarkan produk di dalam gudang saat ada pesanan dari konsumen. Hal hal penting yang terkait dengan proses outbound adalah memastikan pesanan dan mempersiapkan proses pengiriman yang baik agar produk sampai ke tangan konsumen dengan aman.

Agar proses tersebut berjalan dengan baik, biasanya setiap jasa fulfillment telah menggunakan sistem yang terintegrasi. Data pesanan yang telah dikonfirmasi klien akan langsung diteruskan pada operator untuk mengambilkan stock sesuai dengan apa yang diminta. Di setiap produk sudah terdapat barcode sehingga kemana saja barang dibawa akan mudah untuk dilacak.

Kemudian pihak fulfillment akan melanjutkan prosesnya ke tahap pengiriman barang dengan menggunakan ekspedisi yang telah dipilih oleh konsumen. Setiap jasa fulfillment yang profesional, biasanya telah bekerjasama dengan beberapa layanan ekspedisi ternama di Indonesia. dengan begitu, pengiriman barang dari jasa fulfillment Medan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Sekilas Tentang Warehouse Management System

Sempat dibahas sebelumnya bahwa management stock dalam fulfillment sangat panjang dan rumit. Tidak jauh jauh dari bahasan tersebut, ada sebuah sistem yang dikenal dengan singkatan WMS atau Warehouse Management System. WMS ini merupakan sebuah sistem yang sengaja dibuat untuk membantu stakeholder dalam memantau pergerakan barang.

WMS akan membuat semuanya menjadi otomatis dan memudahkan pemilik bisnis untuk mengetahui seluruh transaksi inventory dengan cepat dan akurat. Tidak akan ada lagi kekeliruan data yang menyebabkan jumlah stock banyak yang hilang atau tertukar. Bahkan aplikasi tersebut juga dapat membantu dalam pengaturan alur distribusi barang dengan baik.

Perangkat lunak tersebut juga menjadi jalan keluar bagi manajer warehouse untuk menghadapi tantangan di dunia Omni Channel seperti saat ini. Konsumen bukan hanya berbelanja melalui satu situs, melainkan bisa berasal dari mana saja. Selain itu, proses belanja pun bisa dilakukan selama 24 jam penuh tanpa ada waktu jeda. Oleh karena itu, keberadaan WMS ini sangat penting.

Akan sangat ketinggalan jaman jika jasa fulfillment Medan yang anda pilih masih melakukan semuanya secara manual. Namun tampaknya, hal tersebut sudah jarang bahkan hampir tidak mungkin dilakukan, terlebih oleh jasa fulfillment yang profesional. Oleh karena itu, anda pun tidak boleh asal memilih penyedia jasa tanpa tahu bagaimana kompetensinya.

Berangkat dari informasi tadi dapat diketahui bahwa proses management stok yang ada di dalam warehouse tidaklah mudah. Apalahi jenis barang yang disimpan di dalam sana sangat banyak dan beragam. Jasa fulfillment harus bisa mengatur semuanya dengan baik dan akurat agar tidak terjadi masalah, oleh karena itu, pilihlah jasa fulfillment yang sudah berpengalaman.

Comments are closed.