Pilih Jasa Fulfillment atau Warehouse? Yuk Cari Tahu Perbedaannya!

Pilih Jasa Fulfillment atau Warehouse? Yuk Cari Tahu Perbedaannya!

Jika berbicara tentang jasa fulfillment, istilah lain yaitu jasa gudang selalu ikut muncul di pikiran kita. Sejatinya, kedua jasa tersebut memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Ibaratnya, jasa fulfillment merupakan bentuk upgrade dari jasa pergudangan. Daripada penasaran, yuk simak perbedaan antara jasa fulfillment termasuk fulfillment medan dengan jasa warehouse di sini.

Konsep Dasar Jasa Fulfillment

Fulfillment merupakan sebuah solusi yang biasa digunakan untuk mengatasi problem terkait dengan jumlah pesanan yang masuk serta keterbatasan tenaga kerja dan ruang. Fulfillment menjadi partner terbaik untuk mengatasi permasalah tersebut. Adapun proses yang terdapat di dalam jasa fulfillment meliputi berbagai hal yang terkait dengan penerimaan pemesanan hingga pengiriman.

Kegiatan yang termasuk di dalam rentena itu adalah proses penyimpanan di dalam gudang. Informasi inilah yang kerap menyebabkan jasa fulfillment disalah artikan menjadi sama dengan jasa sewa gudang. Sejatinya, jasa fulfillment jauh lebih kompleks dan layanan yang diberikan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan sewa gudang saja.

Dalam dunia bisnis online, fulfillment juga disebut dengan back office operation. Sesuai dengan namanya, bisnis ini berperan untuk membantu kegiatan yang berkaitan dengan pergudangan. Konsep ini sejatinya muncul di tahun 1997 dan digagas oleh Jeff Bezos. Di kala itu, Amazon mendirikan sebuah pusat gudang bersama di kawasan delaware dan seattle.

Hingga saat ini, bisnis ini terus berkembang, dan Amazon telah memiliki lebih dari 1446 gudang di seluruh dunia. Saat ini, konsep tersebut menjadi titik mula berdirinya layanan fulfillment yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk fulfillment Medan. Keberadaannya adalah untuk mempermudah pebisnis online dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Konsep Dasar Warehouse Atau Sewa Gudang

Sempat disinggung sebelumnya, ketika membicarakan jasa pergudangan, banyak orang yang salah mengartikannya sebagai jasa fulfillment padahal, kedua jenis usaha ini memiliki perbedaan mendasar. Warehouse sendiri merupakan sebuah pusat penyimpanan yang dimiliki oleh seorang pebisnis untuk menampung inventaris dalam jumlah yang besar.

Anda kerap kali melihat susunan rak yang tinggi dengan alat berat yang berfungsi untuk memindahkan beberapa kardus besar ke sudut bangunan yang lain. Warehouse bisa diarahkan untuk penggunaan bisnis yang memiliki fokus usaha dalam pemenuhan pesanan grosir atau B2B dalam jumlah yang besar dan memerlukan ruang tambahan untuk menyimpan stok.

Pada umumnya, menyewa warehouse dapat lebih hemat biaya daripada seorang pebisnis harus membeli gudang demi kelancaran bisnisnya. Apalagi jika bisnis ini masih dalam tahap permulaan yang belum memiliki kas yang cukup untuk membuka sebuah gudang mandiri. Sedangkan untuk pebisnis online, mereka dapat menyewa gudang bersamaan dengan pebisnis online yang lain.

Beberapa pihak e-commerce yang berskala kecil lebih cenderung menyewa ruang warehouse di jasa fulfillment Medan. Dengan begitu, mereka bisa menyimpan berbagai inventarisnya di sana, dan mengambil lebih banyak persediaan saat produk sudah mulai menipis. Jadi intinya, jasa warehouse hanya berfungsi untuk menyimpan produk saja, dan selebihnya masih di handle oleh pebisnis itu sendiri.

Mengapa Pilih Fulfillment?

1. Menyimpan Barang Sekaligus Management Stock

Berdasarkan penjelasan yang tadi diberikan, terlihat bahwa jasa fulfillment memberikan layanan lengkap yang dapat menunjang kemudahan berbisnis. Pastinya dengan berbagai layanan tersebut, para klien akan memperoleh banyak kemudahan, salah satu keuntungan penggunaan mereka adalah, anda tidak perlu repot menyimpan barang dan melakukan proses management stock.

Setiap barang yang masuk dan keluar dari gudang akan terus terpantau dengan baik. Bahkan catatan tersebut tersusun rapi, dan nantinya akan dikirimkan oleh pihak jasa fulfillment Indonesia kepada kliennya. Dengan begitu, anda tidak perlu pusing untuk mengkalkulasi produk mana yang perlu diisi ulang dan mana yang tidak terlalu laris di pasaran.

2. Packing Barang Dengan Aman

Salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh jasa fulfillment service Medan adalah pengemasan barang. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu khawatir, karena pihak fulfillment Medan sudah memiliki standard yang tinggi dan pengetahuan yang luas terkait dengan cara membungkus sebuah barang. Anda tidak perlu ragu karena barang pasti aman.

Selian lebih mudah, anda un tudak pelru membayar SDM tambahan untuk mengatur proses tersebut. Cost yang anda bayarkan kepada jasa fulfillment sudah mencakup fungsi tersebut. Dengan begitu, anda hanya perlu fokus untuk meningkakan penjualan serta memikirkan inovasi inovasi baru agar produk yang anda produksi lebih sesuai dengan keinginan masyarakat.

3. Pengiriman yang Terintegrasi

Pebisnis yang menggunakan jasa fulfillment juga tidak perlu mengurus masalah pengiriman barang. Setiap jasa fulfillment pastu sudah bekerjasama dengan layanan ekspedisi ternama, sehingga pengiriman menjadi lebih maan dan cepat. pihak fulfillment tidak akan mengirimkan barang dengan cara mengunjungi gerai ekspedisi.

Biasanya, truk dari ekspedisi lah yang menjemput barang dari lokasi warehouse fulfillment. Nantinya, staff pengiriman akan memilah pesanan konsumen sesuai dengan jasa ekspedisi yang mereka gunakan. Setelah itu, barang akan dikirimkan dengan segera. Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu mengawasi jalannya proses dengan baik.

4. Tips Menemukan Jasa Fulfillment Terbaik

Sebenarnya, jasa fulfillment lebih cocok untuk anda yang menjalankan bisnis secara online. Adapun beberapa bidang bisnis bisnis yang memerlukan jasa fulfillment Medan adalah bisnis pakaian, makanan, kecantikan, dan lain sebagainya. Jasa fulfillment mampu menampung berbagai barang di dalam gudangnya dengan penataan yang rapi dan baik.

Meskipun sudah terjamin, anda sebagai pemilik bisnis juga tidak boleh gegabah saat memilih penyedia jasa. Akan sangat disayangkan jika anda memilih jasa fulfillment yang abal abal. Takutnya, bisnis yang anda jalankan malah terkena masalah. Tidak perlu terlalu terburu buru, karena pilihan jasa fulfillment juga banyak. Jasa fulfillment bukan hanya di Medan saja, namun juga fulfillment service Surabaya.

Adapun beberapa problem yang bisa muncul karena kesalahan pihak fulfillment adalah produk yang rusak dan isi paket yang salah. Meskipun bukan salah pemilik bisnis, namun konsumen pasti akan menegur memproduksi barangnya. Konsumen tidak ingin tahu, yang jelas produk yang mereka pesan tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Agar terhindar dari kejadian semacam ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih jasa fulfillment. Beberapa diantaranya adalah sertifikat usaha, keamanan gudang, lokasi gudang, kelengkapan layanan, dan harga yang ditawarkan. Berkaitan dengan poin pertama, hal ini adalah yang paling dasar. akan sangat berbahaya jika anda memilih jasa fulfillment yang tidak resmi.

Selain itu, jasa fulfillment Medan itu juga harus memiliki warhouse yang ama. Aman di sini bukan hanya dari pencuri atau oknum nakal, namun juga bencana. Akan sangat sangat beresiko, jika anda memilih jasa fulfillment yang gudangnya ada di kawasan rawan banjir. Takutnya, produk anda akan mengalami masalah, dan proses fulfillment menjadi terganggu.

Itulah beberapa informasi terkait dengan perbedaan jasa fulfillment dan warehouse. Meskipun sering dianggap sama, ternyata mereka berdua memiliki fungsi yang berbeda. Akan tetapi, saat ini hampir semua jasa fulfillment juga membuka jasa warehouse, sehingga anda bisa menggunakan layanan tersebut.

Comments are closed.