Mengupas Pentingnya Warehouse Management System Dalam Jasa Fulfillment

Mengupas Pentingnya Warehouse Management System Dalam Jasa Fulfillment

Saat ini, peran jasa fulfillment sudah semakin dikenal dan banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis. Kehadiran mereka sangat membantu karena dapat menghandle berbagai keperluan, seperti management stok, pengemasan, dan pengiriman barang. Di balik kerumitan proses jasa fulfillment Medan, terdapat sebuah perangkat yang disebut sebagai WMS. Berikut selengkapnya!

Apa Itu Warehouse Management System?

Warehouse management sejatinya bukanlah tugas yang sederhana. Ada kalanya, pemilik bisnis warehouse dihadapkan pada tantangan yang sulit terkait dengan penyimpanan produk klien. Oleh karena itu, mereka kerap menggunakan bantuan sistem yang disebut dengan Warehouse Management System atau WMS.

WMS ini sejatinya merupakan sistem yang dirancang untuk membantu stakeholder terkait dengan pengelolaan pergerakan barang yang ada di dalam gudang agar proses lead time menjadi lebih cepat dan otomatis. Aplikasi ini pun membantu penggunanya untuk mengetahui segala transaksi inventory dan jumlah stok secara akurat secara real time.

WMS juga membantu penggunanya untuk mengatur lokasi penyimpanan barang dengan lebih optimal serta memungkinakn mereka untuk melakukan alur distribusi yang lebih baik. Seluruh keunggulan ini sangat membantu, terlebih sistem tersebut bekerja secara otomatis dan terintegrasi. Keberadaan mereka sekaligus menjadi jalan di era e-commerce seperti sekarang.

Pembeli yang datang dari mana saja dengan waktu pemesanan yang bahkan dilakukan tengah malam dapat tetap terhandle dengan baik. proses penelusuran stock pun menjadi lebih mudah sehingga para staf fulfillment Medan tidak akan memerlukan waktu lama untuk memproses suatu pesanan. Alhasil, semakin banyak pula pelanggan yang merasa puas.

Keunggulan Menggunakan WMS

1. Kecepatan Dalam Handling Proses

Setiap proses yang ada di dalam gudang sangat terbantu dengan keberadaan WMS. Tidak peduli seberapa banyak barang klien yang ada di sana, semuanya tetap mudah untuk di pantau. Seluruhnya sudah serba terkomputerisasi sehingga membuat setiap data tersusun dengan baik. inventory pun menjadi jelas dan mudah untuk dipantau.

Jika setiap bagian dalam gudang telah terbantu, maka proses handling pesanan pun menjadi lebih mudah. Staff gudang tidak perlu lagi mencari produk secara manual, karena semua informasi terkait dengan peletakannya sudah ada di dalam aplikasi. Alhasil, proses pemenuhan kebutuhan konsumen menjadi lebih terbantu.

2. Lebih Mudah Saat Mengatur Penyimpanan

Dalam sebuah aplikasi WMS, sudah terdapat tools atau fitur fitur yang sangat membantu pengelolaan gudang. Salah satu fitur yang sangat dibutuhkan adalah terkait dengan pengaturan tempat penyimpanan. Melalui fitur ini pula, para staf warehouse dapat mengoptimalkan jumlah barang yang ada di dalam gudang, sehingga dapat menampung lebih banyak produk.

3. Tidak Memerlukan Investasi Yang Tinggi Dalam Sistem IT

Sebuah jasa fulfillment Medan yang memanfaatkan WMS untuk mengatur gudangnya memiliki keuntungan lebih karena tidak perlu mengeluarkan investasi yang besar dalam sistem TI. Semua kebutuhan gudang sudah dapat terhandle hanya dengan satu aplikasi. Hanya saja, setiap jasa fulfillment Indonesia harus menggunakan Warehouse Management System yang handal.

Mereka tidak boleh asal pilih aplikasi karena hanya tergiur dengan harga. Di luar sana, ada banyak sekali penyedia jasa aplikasi yang menyediakan layanan WMS. Penting sekali bagi jasa fulfillment untuk memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, mereka bisa menjalankan tugas yang diberikan oleh klien dengan baik.

Fitur Penting yang Harus Ada Dalam WMS

1. Desain Gudang

Pengelolaan gudang dapat berjalan dengan baik apabila WMS yang anda pilih menyediakan layanan desain gudang. Fitur yang satu ini sangat membantu dalam memaksimalkan penyimpanan yang ada di dalam gudang. Alhasil, warehouse dapat menampung lebih banyak produk. Artinya, pemilik jasa fulfillment service Medan pun bisa lebih untung.

Desain gudang ini tidak hanya mengacu pada luas gudang saja, melainkan juga keseluruhan proses yang ada di dalamnya. Anda dapat mengatur alur keluar masuk barang sehingga tidak terlalu rumit. Dengan kemudahan ini, karyawan atau staf fulfillment Medan dapat memahami alur penerimaan hingga pengiriman barang dengan baik dan benar.

2. Melacak Inventaris

Fitur kedua yang menjadi alasan jasa pergudangan sangat terbantu dengan WMS yaitu karena mereka dapat melacak inventaris dengan mudah. Data yang ada di dalamnya juga akurat sehingga pasti benar dan tidak ada nada yang tertukar. Keakuratan ini didapat karena setiap barang telah terintegrasi dengan barcode, sehingga setiap pergerakannya dapat dilacak.

Barcode ini juga sangat membantu staff packing saat memasukan barang ke dalam karton. Staf dapat langsung memastikan barang tersebut sesuai atau tidak dengan yang dipesan melalui barcode nya. Staff checking pun menjadi lebih mudah karena tidak perlu melakukan pencatatan secara manual. cukup dengan alat scan, semuanya beres.

3. Pemgambilan Dan Pembatalan

WMS juga banyak yang dilengkapi dengan fitur pengambilan yang tercatat secara otomatis. Pengambilan yang terdeteksi akan langsung menurunkan jumlah stick di dalam data. Fitur ini sangat bermanfaat, karena jika dilakukan secara manual dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga kerja. Hal ini juga penting agar tidak ada crash data antara klien dan warehouse.

Selian pengambilan dan pembatalan, masih ada fiur lain yang berhubungan dengannya, yaitu pengemasan dan pemilihan zona pengambulan. Fitriu ini sangat membantu staf fulfillment Medan karena mereka tidak perlu berkeliling gudang untuk mengambil barang. Sudah ada petunjuk zona, sehingga staf hanya perlu mengikutinya saja.

3. Pengiriman

Siapa sangka jika WMS sangat membantu dalam proses pengiriman, karena sudah ada fitur yang berkaitan dengannya. Melalui tools yang satu ini, jasa fulfillment sekali pengirim dapat memantau apakah barang sudah sampai di rumah konsumen atau belum. Jika ada kendala pengiriman, pihak fulfillment dapat segera mengambil langkah cepat agar konsumen tidak kecewa.

Selain melacak, fitur pengiriman ini dapat mengirim resi gudang dan resi pengiriman, memproses faktur pengiriman, mencatat daftar pengemasan, dan memberikan informasi pada konsumen kira kira sampai mana barang yang dipesannya. Alasan itulah yang mngharuskan jasa fulfillment memilih WMS yang dilengkapi dengan sistem pengiriman.

4. Manajemen Tenaga Kerja

Fitriu kelima yang dapat ditemukan dalam WMS adalah manajemen tenaga kerja. fitur ini dapat digunakan untuk menilai kinerja karyawan gudang. Manager warehouse atau pebisnis fulfillment service Surabaya dapat melihat secara langsung, karyawan mana yang bekerja dengan maksimal. Untuk karyawan yang masih di bawah standard, maka bisa langsung diberi pelatihan.

Pelatihan dalam dunia kerja ini penging, agar staf yang bersangkutan memperoleh skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika kemampuan karyawan fulfillment Medan sudah meningkat, maka setiap proses yang ada di dalam warehouse dapat berjalan dengan lancar. Lama kelamaan, jasa fulfillment akan berkembang menjadi lebih baik.

Itulah beberapa alasan terkait dengan jasa fulfillment yang harus anda pahami. Dari penjelasan tadi sudah terlihat bahwa, sistem WMS sangat membantu kinerja staf warehouse. Berkaitan dengan hal tersebut, ada baiknya bagi anda untuk memilih jasa fulfillment yang memiliki sistem WMS yang canggih. Dengan begitu, mereka bisa menghandle produk anda dengan baik.

Comments are closed.