Dijamin Anti Komplain, Berikut Trik Packing Ala Jasa Fulfillment

Dijamin Anti Komplain, Berikut Trik Packing Ala Jasa Fulfillment

Seperti yang anda ketahui, pengemasan adalah kegiatan yang ada di dalam jasa fulfillment Masalah packing adalah hal yang krusial dan perlu perhatian khusus. Jika sampai salah, maka barang yang dipesan klien berpotensi mengalami kerusakan. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk intip cara packing yang benar dan biasa digunakan jasa fulfillment Medan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Packing

1. Tahu Betul Jenis Produk

Setiap barang memiliki karakter yang berbeda beda. Anda pun harus mempersiapkan peralatan packing yang paling cocok dengan jenis barang yang hendak dikirim. Akan sangat disayangkan jika produk sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kasus semacam ini sudah sering terjadi dan pada akhirnya memicu kekecewaan customer.

Contohnya saja, anda hendak mengemas produk berupa frozen food. Maka anda harus memikirkan cara terbaik agar produk tersebut tidak rusak begitu sampai ke tangan konsumen. Hal itu pula yang selalu dipikirkan oleh jasa fulfillment. Mereka selalu berhati hati saat menghandle produk klien dan memastikannya sampai dengan aman.

2. Menyiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Setelah mengenal betul karakteristik barang yang hendak dikirim, maka anda perlu menyesuaikan lapisan pelindungnya. Agar lebih mudah, anda perlu menyiapkan peralatan utama nya terlebih dahulu, baru beralih ke peralatan tambahan. Ambil saja contoh barang pecah belah, maka peralatan utama dalam packing adalah box tebal atau kayu.

Adapun peralatan tambahan yang dibutuhkan adalah bubble wrap, kertas koran, lakban, dan label. Bubble wrap merupakan pelengkap packing yang selalu digunakan jasa fulfillment Medan, berupa plastik yang memiliki tekstur bergelembung. Pelapis ini dapat meredakan guncangan dan melindungi barang agar tidak mudah pecah.

Agar jauh lebih aman, pihak fulfillment biasanya melapisi barang dengan bubble wrap beberapa lapis. Mereka pun juga akan menggunakan kotak yang ukuranya pas dengan produk agar barang yang ada di dalamnya tidak mudah bergeser atau terguncang. Jika memang ukuran box nya masih kurang kecil, pihak fulfillment juga mengisi space yang tersisa dengan kertas koran.

Jika produk itu adalah frozen food, maka pihak fulfillment menggunakan pengemas yang mampu mempertahankan suhu. Beberapa tipsnya adalah dengan styrofoam dan ice gel. Anda pun bisa mencontoh apa yang mereka lakukan agar barang sampai pada penerima dengan baik. Selain itu, anda pun harus membubuhkan keterangan tambahan bahwa produk ini makanan, dan perlu diperlakukan dengan hati hati.

3. Memberikan Lakban Pengingat

Anda yang kerap berbelanja online pasti sudah tidak asing dengan lakban berwarna merah bertuliskan fragile. Selain berfungsi untuk merekatkan, produk tersebut juga berguna sebagai pengingat bagi staff pengiriman untuk berhati hati saat memindahkan barang. Pelengkap ini sangat penting untuk digunakan, terlebih untuk barang pecah belah dan elektronik.

Sedangkan pihak fulfillment Medan sangat jarang memberikan perekat tersebut di produk produk berbahan kain seperti pakaian, celana, tas, dan taplak meja. Pihak fulfillment biasanya hanya menggunakan plastic pembungkus dan lakban, atau kardus berukuran kecil untuk mengirimkannya. Meskipun begitu, hal ini tidaklah masalah karena barang tidak akan rusak.

4. Menuliskan Alamat Dengan Jelas

Selain packing, jasa fulfillment juga perlu mengirimkan barang kepada pembelinya. Terkait dengan hal ini, bisanya konsumen dapat memilih layanan ekspedisi yang hendak mereka gunakan. Agar paket tidak nyasar, maka jasa fulfillment Indonesia akan membubuhkan alamat pengirimannya dengan tepat sesuai dengan database.

Perlu anda ketahui, semua pesanan yang masuk ke jasa fulfillment service Medan didata secara otomatis. Artinya, anda sebagai pembeli lah yang harus menginput alamat dengan baik dan benar. Pihak fulfillment professional pun tidak akan menulis manual setiap alamat pelanggan. Mereka selalu menggunakan label stiker yang dicetak sehingga tulisannya terlihat dengan jelas.

Kesalahan Dalam Packing

1. Ukuran Kotak Terlalu Besar

Jasa fulfillment service Surabaya yang sudah professional pasti melakukan setiap tugasnya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, jarang diantara mereka yang menimbulkan masalah di bagian packing. Setiap jasa fulfillment Medan pasti telah memastikan bahwa mereka menggunakan pengemas yang sesuai dengan bentuk dan ukuran barang yang ada di dalamnya.

Perlu anda ingat, bahwa selama perjalanan, anda tidak tahu medan apa yang akan dilalui oleh paket beserta kurirnya. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik masalah ukuran kardus ini. Tidak heran jika setiap jasa pergudangan memiliki stok kardus yang sangat beragam. Selian masalah keamanan, ukuran kardus juga akan berpengaruh pada biaya pengiriman.

Hal itu pula lah yang digaris bawahi oleh jasa fulfillment. Mereka pastinya ingin pengiriman berjalan dengan baik dengan biaya yang tidak membebankan konsumen. Teknik terkait dengan packing ini sudah menjadi makanan sehari hari para staff di warehouse fulfillment. Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan jasa mereka untuk keperluan bisnis.

2. Lakban Kurang Menempel

Kesalahan lain yang kerap dilakukan saat packing adalah kurang memastikan bahwa lakban terpasang dengan baik. Akan tetapi, kesalahan semacam ini hampir tidak pernah dilakukan oleh jasa fulfillment. Mereka selalu menggunakan lakban yang memiliki daya rekat tinggi sehingga tidak akan mudah lepas. Mereka pun juga pastinya melakukan beberapa kali proses checking sebelum dikirim.

Ada kalanya, anda melupakan kekuatan perekat di sisi bawah dari kardus. Padahal, bagian tersebut selalu diperhatikan jasa fulfillment Medan. Perekat di bagian bawah kardus haruslah kuat karena mereka akan menopang bobot dari produk yang hendak dikirim. Akan sangat disayangkan jika paket malah jebol di perjalanan dan tidak sampai dalam kondisi yang baik.

3. Kardus Terlalu Tipis

Jika misalnya anda pernah berkunjung ke gudang jasa fulfillment, jarang sekali diantara mereka yang menggunakan kardus tipis. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk komitmen mereka untuk menjaga produk klien agar sampai ke tangan konsumen dengan aman. Kardus menjadi pelindung terluar dari paket sehingga sifatnya harus kokoh.

Bahkan beberapa jasa fulfillment masih saja melapisi kardus dengan plastic di bagian luarnya, meskipun hal ini jarang dilakukan, namun sejatinya langkah ini tidaklah salah. Melapisi bagian luar kardus dengan plastik dilakukan agar kardus tidak rusak saat terkena air. Seperti yang anda tahu, kardus bukanlah benda yang waterproof dan mudah sobek.

Akan sangat berbahaya jika kardus yang digunakan menjadi basah karena kekuatannya akan menurun dan rawan robek. Kondisinya akan semakin gawat jika produk di bagian dalamnya tidak dibungkus dengan bubble wrap, plastik, atau semacamnya. Oleh karena itu, jasa fulfillment Medan pasti menambahkan pelapis tersebut sehingga produk tetap aman.

itulah beberapa informasi terkait dengan dunia packing yang menjadi bagian dari jasa fulfillment. Anda pun perlu mengetahui informasi ini, jika sewaktu waktu ingin mengirim sebuah barang melalui jasa ekspedisi. Selain itu, jangan lupa untuk memilih jasa ekspedisi terpercaya. Hal ini penting agar paket sampai ke tujuan dengan aman seperti yang dilakukan jasa fulfillment.

Comments are closed.